Page 22 - DISKOMINFO KALTIM EDISI 2
P. 22

22                                             LAPOr WAL!


       PErSENTASE

       PENYELESAIAN

       PENGADUAN

       PUBLIK TUNJUKAN

       KOMITMEN PEMDA



              jakarta - Persentase penyelesa-
             ian pengaduan menunjukkan komit-
             men penyelenggara dan pengelola
             sP4N diantarnya Pemerintah daerah
             dalam menindaklanjuti serta men-
             dokumentasikan setiap pengaduan
             yang diterima dari masyarakat. “Hal ini   dasarkan Peraturan Menteri PAN-RB   solusi dan berguna dalam peningkatan
             dapat berkontribusi pada terwujudnya   Nomor 46 Tahun 2020 tentang Road-  kualitas pelayanan publik,” ungkapnya.
             kebijakan pelayanan public berbasis   map sistem Pengelolaan Pengaduan    Berdasarkan PERMENPAN-RB itu
             bukti(evidence-based public services   Pelayanan Publik Nasional Tahun 2020-  juga dijelaskan penyusunan rencana
             policy),” ungkap Rosikin, Analis Kebi-  2024 instansi K/L/d berkewajiban   aksi ini bukan hanya di atas kertas na-
             jakan Muda Kementrian PAN RB saat   menyusun rencana aksi pengelolaan   mun benar-benar disusun untuk dapat
             menjadi salah satu pembicara pada   pengaduan. Tujuannya adalah untuk   diimplementasikan dalam pengelolaan
             sosialisasi dan panduan penyusunan   mewujudkan sistem pengelolaan    pengaduan instansi K/L/d masing-
             Rencana Aksi sP4N-LAPOR! melalui   pengaduan yang memiliki respons dan   masing. Untuk itu, penting adanya du-
             media teleconference aplikasi zoom.   solusi cepat serta terpercaya.  kungan atau komitmen dari Pimpinan
               Kegiatan dibuka oleh Asisten deputi    “Peningkatan pengaduan menun-  daerah dalam pelaksanaannya.
             sistem informasi Pelayanan Publik,   jukkan bahwa sistem pengelolaan    “diharapkan pengelolaan pen-
             Yanuar Ahmad dan dihadiri oleh     pengaduan dipercaya oleh para peng-  gaduan melalui sP4N-LAPOR! dapat
             instansi Kementerian/Lembaga/ dan   guna layanan dan mereka meyakini   masuk dalam program RPJMd untuk
             daerah se-indonesia, Rabu (21/7).   bahwa masukan atau pengaduan yang   melihat komitmen Pimpinan daerah,”
             Rosikin juga menjelaskan bahwa ber-  mereka berikan akan mendapatkan   pungkasnya. (as/ky)

       PENDAMPINGAN PENGELOLAAN PENGADUAN DI KAB KUTIM



                                                                                   ominfo. Terlebih sejak Oktober 2020,
                                                                                   LAPOR! sudah ditetapkan sebagai
                                                                                   aplikasi umum oleh Kemenpan Ri.
                                                                                     “Pengelolaan laporan dan aspirasi
                                                                                   masyarakat melalui aplikasi LAPOR!
                                                                                   di dinas Kominfo, Persandian dan
                                                                                   statistik sudah sesuai dengan tupoksi
                                                                                   kita yang tertuang dalam PERMEN-
                                                                                   KOMiNfO, tapi kita sebagai satu tim
                                                                                   masih dapat berkolaborasi dengan
                                                                                   inspektorat dan Biro Organisasi dalam
                                                                                   implementasinya,” kata faisal.
                                                                                     “Langkah selanjutnya adalah menin-
                                                                                   daklanjuti laporan dan aspirasi yang
                                                                                   sudah masuk pada aplikasi berbasis
                                                                                   web sP4N-Lapor!,” tambahnya.
                                                                                      Kepala dinas Kominfo Persand-
                                                                                   ian, dan statistik Kab.Kutim  supri-
                                                                                   hanto juga bertekad agar kedepan
                                                                                   lebih baik lagi dan dapat besanding
                                                                                   dengan kabupaten/kota lainnya di
                                                                                   Kalimantan Timur.
              Sangatta- Kepala dinas Kominfo    paten Kutai Timur                     “Harapannya kami juga dapat bela-
             Provinsi Kalimantan Timur Muham-     disambut baik oleh Kepala dinas   jar dan lebih baik dari hari ini sehingga
             mad faisal melakukan Kunjungan     Kominfo suprihanto beserta jajaran-  dapat bersanding dengan kab/kota lain
             kerja dalam rangka pendampingan    nya, Muhammad faisal mengatakan    yang sudah baik, dan kami akan me-
             pengelolaan sP4N-LAPOR! dan        bahwa pengelolaan LAPOR! di Kutai   nyelesaikan laporan-laporan tersebut,
             Pendampingan sistem Pemerintahan   Timur yang sudah beralih dari inspe-  karena memang sebelumnya admin
             Berbasis Elektronik (sPBE) ke Kabu-  ktorat sudah sesuai dengan Permenk-  belum di Kominfo,” tutupnya. (mf/ky)
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27